Lifestyle + / Minggu, 21 November 2010 10:25 WIB

USAI merayakan Idul Adha beberapa hari lalu, beberapa dari Anda mungkin kini sudah mulai mengkhawatirkan kondisi kesehatan setelah menyantap berbagai sajian daging kurban seperti daging kambing dan sapi. Khusus bagi Anda yang rentan terhadap hipertensi, kini ada terobosan baru dalam mengatasi tekanan darah tinggi yakni dengan suplemen bawang putih.

Menurut sebuah studi terbaru, ditemukan bahwa kandungan dalam bawang putih bisa digunakan dalam pengobatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk mendukung penelitian itu, para dokter di Australia mengadakan studi dengan melibatkan 50 pasien guna mengetahui apakah suplemen bawang putih bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebelumnya pun, bawang putih terbukti memang mampu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah para penderita hipertensi.

Dalam studi terakhir, para peneliti dari Universitas Adelaide, Australia, memantau efek konsumsi empat kapsul suplemen bawang putih per harinya selama 12 minggu. Mereka menemukan tekanan darah kelompok yang mengonsumsi suplemen sistolik lebih rendah sekitar 10mmHg ketimbang mereka yang meminum plasebo.

“Suplemen bawang putih memang kerap ditengarai memiliki efek menurunakn tekanan darah secara signifikan pada penderita hipertensi akut,” kata peneliti Karin Ried.

“Studi kami ini adalah yang pertama kalinya yang menganalisis efek dari ekstrak bawang putih sebagai zat tambahan dalam obat antihipertensi.” Para peneliti pun mengatakan suplemen bawang putih sebaiknya dikonsumsi setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena suplemen ini memiliki efek samping yakni mengencerkan darah, terlebih bagi pasien yang tengah menjalani pengobatan lain.” Hasil studi ini telah dipublikasikan pada jurnal Maturitas.(MI/*)
source:http://www.metrotvnews.com