JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia tidak hanya jago menggocek bola di lapangan selama turnamen Piala AFF 2010. Firman Utina dan kawan-kawan ternyata juga piawai membuat banyolan yang mengundang tawa, terutama di depan para wartawan.

Banyolan-banyolan para pemain itu hanya bisa ditemui di luar pertandingan. Para peliput sering terhibur oleh banyolan mereka. Tindak-tanduk dan pernyataan pemain, asisten pelatih, dan pelatih sering dikemas dalam nada humor yang segar.

Berikut momen-momen lucu seputar timnas Indonesia:

1. Saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan pertemuan singkat dengan timnas Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, Senin (13/12/2010), ada sebuah dialog. Dalam pertemuan tersebut, SBY berusaha mengenal lebih dekat lagi skuad “Merah Putih”. Presiden meminta tiap-tiap orang di tim untuk memperkenalkan diri.

“Saya sebenarnya sudah kenal para pemain. Namun, diperkenalkan lagi satu per satu, nama klub dan asal daerah,” pinta SBY.

Satu per satu pemain kemudian memperkanalkan diri. Tibalah giliran Gonzales. “Aku Cristian Gonzales dari Persib Bandung,” Gonzales.

SBY kemudian menanyakan asal Gonzales. Dengan cepat, ia menjawab, “Asalku dari Indonesia, Pak”.

Mendengar jawaban tersebut, sontak gelak tawa pun meledak.

2. Pelatih Alfred Riedl memang terkesan serius. Namun, ia bukan berarti tidak bersahabat. Ia memiliki rasa humor juga dan pernah melontarkan pernyataan-pernyataan nyeleneh. Pelatih asal Austria itu memberikan jawaban yang mengundang tawa ketika menjawab pertanyaan salah seorang wartawan surat kabar harian olahraga.

Wartawan tersebut bertanya apakah Riedl telah menyiapkan strategi lain seandainya Firman Utina dan Oktovianus Maniani yang tengah mengalami cedera harus absen melawan Malaysia pada final pertama, Minggu (26/12/2010).

“Apakah Anda memiliki strategi lain apabila Firman Utina dan Oktovianus Maniani harus absen pada pertandingan nanti? Soalnya, saya lihat mereka masih cedera,” tanya wartawan tersebut.

Riedl menjawab pertanyaan itu dengan setengah bercanda, “Anda benar melihatnya? Apakah Anda dokter?”

Jawaban tersebut membuat para wartawan tertawa. “No-no… (strategi khusus). Kami punya 22 pemain inti yang semuanya memiliki kualitas yang sama bagusnya,” kata Riedl dengan mimik yang lebih serius.

3. Kelucuan kali ini terjadi setelah asisten pelatih, Wolfgang Pikal, terkesan salah menerjemahkan pernyataan Riedl dalam jumpa pers. Saat itu, Riedl mensyukuri kemenangan timnas dengan mengatakan, “Thanks, God!”

Pikal menerjemahkannya dengan ucapan “Alhamdulillah”. Meskipun tidak berbeda makna, wartawan tertawa begitu mendengar ucapan tersebut. Pikal juga kerap mengundang tawa ketika dia lupa tentang apa yang harus diterjemahkan dari pernyataan Riedl.

4. Lagi-lagi Cristian Gonzales mampu “menghibur” wartawan dengan pernyataannya yang nyeleneh. Saat acara ramah-tamah dengan keluarga Aburizal Bakrie, Senin (20/12/2010), wartawan berusaha mengorek informasi siapa yang akan menjadi tandem “El Loco” saat melawan Malaysia pada final pertama akhir pekan ini. Gonzales menjawab, “Lebih enak sama Messi dan Ronaldo.” Para wartawan pun langsung tertawa begitu mendengar pernyataan pemain kelahiran Uruguay tersebut.

Source: http://bola.kompas.com/read/2010/12/24/0525401/Banyolan.ala.Timnas.