Pada saat bayi muncul dalam kehidupan Anda, banyak hal yang berubah seperti suasana rumah menjadi ramai dengan tangisan, jumlah anggota keluarga bertambah, kesibukan bertambah, kebutuhan bertambah dan berubahnya jadwal atau kebiasaan.

Jadwal atau kebiasaan yang berubah secara drastis adalah jadwal tidur sang ibu, bayi akan terbangun jika dirinya lapar, dengan ritme waktu yang sama bayi akan menangis minta minum susu. Apabila bayi menangis pada waktu pagi sampai sore, itu bukan masalah tetapi bila bayi menangis pada waktu malam, hal itu membutuhkan tenaga yang ektra.

Bahkan setelah bayi minum susu, Anda harus menggendong bayi agar bayi dapat kembali tidur dan Anda dapat juga melanjutkan tidur Anda.Semua itu akan membuat sang ibu menjadi kelelahan apalagi jika keesokan harinya ibu harus sibuk dikantor, pasti sangat menggangu.

Dibawah ini ada 7 (tujuh) rahasia agar bayi Anda dapat tidur dengan teratur :

  1. Buat kamar bayi senyaman mungkin, ciptakanlah suasana yang nyaman sehingga bayi dapat menikmati tidurnya, bahkan sepanjang malam.
  2. Anda harus memastikan bayi Anda benar-benar kenyang sebelum tidur, pastikan Anda selalu menggendong bayi dengan posisi kepala lebih tinggi setelah bayi minum susu agar bayi dapat bersendawa dan terhindar dari muntah.
  3. Membuat suatu rutinitas malam untuk bayi agar bayi mengenal perbedaan antara siang dan malam.Anda dapat menyanyikan lagu penghantar tidur khusus dimalam hari.
  4. Membuat jadwal yang pasti untuk jam tidur anak, ini berlaku untuk tidur siang dan malam.
  5. Anda dapat membiasakan bayi dengan suasana malam dan siang hari.Terapkanlah cara menidurkan bayi yang berbeda ketika malam dan siang hari, pada waktu malam matikan lampu atau minimalkan cahaya sedangkan siang hari berilah cahaya yang cukup.Pastikan cahaya tersebut tidak mengganggu tidur bayi.
  6. Buatlah waktu tidur malam secara konsisten, Anda dapat menyanyikan lagu penghantar tidur sebagai tAnda bagi bayi untuk tidur.
  7. Bayi butuh penyesuaian oleh sebab itu Anda harus fleksibel atas jadwal tidur bayi yang masih berubah-ubah.

Cara menidurkan bayi ada beberapa macam, antara lain menyanyikan lagu penghantar tidur, memberinya musik lembut sambil menggendong bayi dan memberi bayi susu sampai tertidur.

Pastikan bayi mempunyai waktu tidur yang cukup agar perkembangan menjadi maksimal.

Semoga artikel diatas bermanfaat ..

Salam hangat saya untuk keluarga Anda,
Miranda Kalila