Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melaporkan jumlah total bantuan untuk penanganan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, mencapai lebih Rp86 miliar sejak September 2013 hingga Januari 2014. Tak hanya BNPB, bantuan pun berdatangan dari sejumlah kementerian dan lembaga untuk memulihkan kondisi akibat erupsi Sinabung.

Dalam jumpa pers yang berlangsung di Jakarta, Ahad (2/2), Sutopo mengatakan Rp43 miliar untuk logistik, Rp15 miliar untuk peralatan besar, dan dana siap pakai sebesar Rp28 miliar.  Sedangkan Kementerian Sosial menyalurkan Rp3,6 miliar, Kementerian Kesehatan sebesar Rp1,8 miliar, dan Kementerian Pekerjaan Umum yang mengalirkan dana sebesar Rp1 miliar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun mengucurkan dana Rp4,6 miliar untuk bantuan seragam sekolah, tenda belajar, program pemulihan trauma, dan beasiswa. Bantuan beasiswa berupa Rp1 juta per tahun untuk setiap siswa SD; Rp1,5 juta untuk setiap siswa SMP; Rp2 juta untuk siswa SMA/SMK, dan Rp2,1 juta untuk mahasiswa.

Di bidang pertanian, pemerintah memberikan bantuan berupa 20 unit hand tractor, cultivator, dan pompa air. Pemerintah juga memberi bantuan bibit sayuran,tomat, cabe, kubis, kentang, wortel, dan sawi di lahan seluas 508 Ha. Bantuan bibit jeruk 27 Ha, kopi 65 Ha, serta bantuan benih jagung CBN 16 ton. Selain itu juga terdapat program pekerjaan umum dan program otoritas jasa keuangan.

“Kita kerahkan 1.187 sumber daya manusia dengan melibatkan personil TNI/Polri, BPBD Provinsi Sumut, BPBD Kab/Kota Provinsi Sumut serta SKPD Kabupaten Karo,” tutur Sutopo.

Editor: Laela Badriyah